Fans Bikin Patung Didi Kempot untuk Keluarga dan Dilelang Bantu Penanganan Covid-19

Patung Didi Kempot berbahan fiberglass itu akan diserahkan kepada keluarga Didi Kempot sedangkan satu patung lainnya akan dilelang. Hasil lelang bakal diberikan untuk membantu penanganan virus corona jenis baru atau Covid-19.

Fans Bikin Patung Didi Kempot untuk Keluarga dan Dilelang Bantu Penanganan Covid-19 Proses pembuatan patung Didi Kempot di Bantul (Detik.com)

    Madiunpos.com, BANTUL — Seorang fans Didi Kempot, Rinto Irvanda, 26, mengkungkapkan kekagumannya pada idolanya dengan membuat patung maestro campursari itu. Tidak tanggung-tanggung dia membuat tiga patung Didi Kempot.

    Patung Didi Kempot berbahan fiberglass itu akan diserahkan kepada keluarga Didi Kempot sedangkan satu patung lainnya akan dilelang. Hasil lelang bakal diberikan untuk membantu penanganan virus corona jenis baru atau Covid-19.

    “Ini [alasan membuat patung Didi Kempot sebagai bentuk kekaguman penggemar]dari saya sendiri. Selain itu patung ini kenang-kenangan buat keluarga [Didi Kempot], [kalau sudah jadi] akan saya kasihkan ke pihak keluarga,” kata Rinto saat ditemui wartawan di studionya Logam Sakti di Dusun Jodog, Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Jumat (22/5/2020).

    Kabar Duka! Didi Kempot Meninggal Dunia

    Rinto mengaku menyukai Didi Kempot karena sosoknya yang baik, gigih, dan pantang menyerah. Sosok Didi Kempot di matanya bisa menjadi motivasi untuk anak-anak muda saat ini. Oleh karena itu, pria yang menyukai lagu “Banyu Langit” ini menilai almarhum sebagai sosok yang menginspirasi.

    “Ketika beliau sempat tidak muncul lama dan tiba-tiba muncul lagi sambil menciptakan lagu-lagu dan terkenal lagi itulah perjuangannya. Itu yang menginspirasi saya,” ucapnya.

    Semakin Dekat Dengan Agama, Didi Kempot Sempat Ingin Umrah

    Sebelum memulai pengerjaan, Rinto sempat meminta saran dari rekan-rekannya sesama penggemar Didi Kempot dan beberapa seniman. Hal itu untuk menentukan berapa jumlah patung yang akan dibuat dan bagaimana teknis pengerjaannya.

    “Rencananya kemarin mau tak buat dua, tapi ternyata kemarin ada masukan dari teman, katanya beliau (Didi Kempot) punya dua istri, jadi pihak istri pertama juga mohon dipikirkan,” ucapnya.

    Berkomunikasi Dengan Keluarga

    Karena itu, Rinto memutuskan untuk membuat tiga patung. Di mana satu di antaranya akan dia lelang untuk donasi penanganan Covid-19. “Tapi lelangnya ini sistem open donasi dan yang jelas nanti dananya [hasil lelang] akan saya sumbangkan untuk penanganan Covid-19,” ucap Rinto.

    Kisah di Balik Lagu-lagu Ambyar Didi Kempot yang Digandrungi Milenial

    Dia menyebut pengerjaan patung Didi Kempot ini juga melibatkan seniman patung. Untuk pengerjaannya dia mulai sejak beberapa hari yang lalu. “Puasa masuk pekan kedua itu baru mulai dikerjakan, Insyaa Allah habis Lebaran selesai. Terus kalau tidak ada halangan bisa sampai ke pihak keluarga pas 40 hari meninggalnya pak Didi Kempot,” ujarnya.

    Rinto juga sudah berkomunikasi dengan pihak keluarga terkait penyerahan patung tersebut. Selain itu, dia juga meminta izin untuk melelang satu patung sebagai bentuk penggalangan dana.

    “Sudah [komunikasi dengan pihak keluarga], intinya kami mau ngasih patung ini sebagai kenang-kenangan dari saya sebagai penggemar. Untuk mbak Yan Velia sudah mengetahui, tapi yang istri pertama kami belum bisa menghubungi,” katanya.

    Presiden Jokowi: Kepergian Didi Kempot Duka Cita Seluruh Sobat Ambyar

    Proses pembuatan patung Didi Kempot di Bantul (Detik.com)

    “Untuk yang masalah lelang juga sudah mandapat izin dari keluarga Didi Kempot. Katanya kalau untuk kepentingan sosial tidak apa-apa,” imbuh Rinto.

    Rinto mengaku mendapatkan support dana dari rekan-rekannya khususnya yang juga penggemar Didi Kempot. Sebab, untuk menyelesaikan satu patung Didi Kempot itu membutuhkan dana yang tak sedikit.

    “Pengerjaan ide dari saya, tapi ya support teman-teman juga, ada yang bantu tenaga, ada yang biaya, gitu. Karena finishing akhirnya ini [patung] fiber glass, kalau dinilai ya sekitar Rp 125 jutaan satu unitnya, itu kalo pesanan umum segitu,” ucapnya.

    Ojo Mudik, Lagu Terakhir Didi Kempot Sebelum Meninggal Dunia

    Dia menjelaskan, patung fiberglass itu berjenis modeling. Di mana pengerjaan patung dengan jenis modeling memakan waktu sekitar tiga pekan dan apabila menggunakan bahan fiberglass pengerjaannya bisa bertambah sepekan hingga 10 hari.

    “Untuk teknis patung, patung ini potret setengah badan dengan ukuran 54 cm karena sesuai dengan umur beliau saat meninggal kemarin. Sedangkan untuk lebar patung sekitar 40 cm,” ucapnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.