Obat Covid-19 dari Unair Diuji Coba ke Pasien Akhir Bulan Ini

Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan lima kombinasi obat penawar Covid-19. Kelima obat ini langsung bisa digunakan karena telah tersedia di pasaran.

Obat Covid-19 dari Unair Diuji Coba ke Pasien Akhir Bulan Ini Obat Covid-19 dari Unair (Detik.com/Istimewa)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan lima kombinasi obat penawar Covid-19. Jika tak ada halangan, Unair rencananya akan mengujicobakan obat ini ke pasien Covid-19.

    Diketahui, kelima regimen kombinasi obat tersebut adalah loprinavir-ritonavir-azitromisin ; loprinavir-ritonavir-doxixiclin ; loprinavir-ritonavir-klaritomisin ; hidroksiklorokuin-azitromisin, dan hidroksiklorokuin-doksisiklin.

    "Kami berharap akhir bulan ini bisa melakukan pengujian secara klinis kepada pasien," kata Rektor Unair Prof M Nasih di Unair Kampus C Surabaya seperti diberitakan Detik.com, Minggu (14/6/2020).

    Kabar Gembira, Unair Temukan 5 Kombinasi Obat Penawar Corona

    Nasih mengatakan selama ini pihaknya telah melakukan sejumlah pengujian. Salah satunya melalui uji toksinitas.

    Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 umumkan lima kombinasi obat yang efektif lawan Corona di Indonesia. (Detik.com/dok. BNPB)

    "Kalau uji toksinitas sudah kita lakukan. Dari segi toksinitas obat ini tidak toksik, dan bisa diterima. Berikutnya uji tantang sudah berjalan 10 hari, dan mudah-mudahan pekan depan sudah kita peroleh hasilnya dan kita lakukan proses lain," papar Nasih.

    Update Covid-19 Jatim! Tambah 240 Kasus, Total Tembus 7.589 Orang

    Progres Cukup Baik

    Selain itu, pihaknya juga menguji keefektifan kombinasi lima obat ini. Pengujian ini dengan menumbuhkan berbagai jenis sel yang menjadi sel target jenis virus. Seperti sel paru, sel ginjal, sel trakhea, sel liver sebagai tempat untuk menumbuhkan sel virus SARS-CoV-2 yang merupakan sel Covid-19 asli Indonesia.

    Dari sejumlah pengujian yang dilakukan, Nasih menyebut hasilnya cukup baik. Dia berharap penelitian ini bisa berjalan lancar dan memberikan titik terang. "Alhamdulillah progresnya saat ini cukup baik, dan ada beberapa proses pengujian karena ini menyangkut jiwa manusia. Oleh karena itu ini dalam proses pengujian," harapnya.

    Wartawan di Pamekasan Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19

    Sebelumnya, lima regimen kombinasi obat ini dari obat yang sudah ada. Penemuan lima kombinasi obat ini merupakan komitmen Unair dalam pencarian obat dan vaksin Covid-19.

    "Regimen kombinasi obat ini telah dinyatakan memiliki efektifitas untuk mencegah masuknya virus, menghambat replikasi, dan mencegah perkembangbiakan virus," ungkap Nasih.

    Setelah Kampung Tangguh, Polres Madiun Bentuk Industri Tangguh untuk Cegah Covid-19

    Menurut Nasih, penggunaan lima kombinasi obat ini terjamin keamanannya. Selain itu, kombinasi ini bisa digunakan dengan cepat karena obat sudah ada di pasaran dan telah lulus uji klinis.

    Tak hanya itu, Nasih mengatakan kelima obat ini telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman. Sebelumnya, penemuan ini telah diteliti dengan metode ilmiah dan hati-hati.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.